Wakapolres Tanjab Timur Uji Coba Penanaman Kacang Amazon - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Monday, 13 July 2020

Wakapolres Tanjab Timur Uji Coba Penanaman Kacang Amazon

Wakapolres Tanjab Timur Uji Coba Penanaman Kacang Amazon

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Kepolisian Resor Tanjab Timur, melalui Wakil Kepolisian Resor Tanjab Timur Kompol Ridwan.JM, Hutagaol.S.I.K.,S.H, merencanakan Pembudidayaan dengan melakukan Penanaman Kacang Amazon.

Saat Dikonfirmasi Senin (13/07/2020) Kepala Kepolisian Resor Tanjab Timur AKBP Deden Nurhidayatullah,S.H.,S.I.K, melalui Wakil Kepolisian Resor Tanjab Timur Kompol Ridwan JM.Hutagaol, S.I.K.,S.H mengatakan bahwa ini  Baru kita Uji coba, Semoga bisa berhasil, dan Sesuai dengan Kultur Tanah kita Di Kabupaten Tanjab Timur ini, bisa membuat Kacang Amazon ini hidup dan dapat  menghasilkan Nilai Ekonomis.

Penanaman kacang Amazon ini, kami laksanakan adalah dalam rangka untuk  pemanfaatan lahan serta Meningkatkan ketahanan pangan Polres Tanjab Timur, sebagai Wujud dan Upaya Polri, dalam mendukung dan  membantu Tugas Pemerintah dalam Mensosialisasikan Program Ketahanan pangan, Ujar Kompol Ridwan JM.Hutagaol.

Selain itu Wakapolres Tanjab Timur Kompol Ridwan JM.Hutagaol, S.I.K.,S.H, Turut menjelaskan  Pemanfaatan Lahan ini  juga bertujuan, dalam  mendukung Program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Aziz,M.Si, guna meningkatkan Ketersediaan Pangan dalam Adaptasi Kebiasaan Baru pada Saat ini, dirinya juga Menjelaskan tertarik untuk membudidayakan Kacang amazon yang mempunyai Nama Latin Bunchosia argentea, karena Tanaman ini Langkah di Indonesia, karena memang tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Selatan.

Meskipun begitu,  Tanaman ini juga bisa  Tumbuh di luar Daerah asalnya, dengan Syarat Tanaman ini ditanam pada ketinggian 100 Hingga 2600 Meter di atas permukaan laut.

Tanaman kacang Amazon ini, jika kita lihat sepintas, mirip dengan melinjo yang biasanya  dibuat emping atau menjadi campuran sayur asam. Tapi jika diperhatikan seksama Tanaman ini memiliki susunan daun, batang dan buah yang berbeda.

Karena Kacang Amazon ini mempunyai warna daun tidak berbeda dari ujung tangkai hingga pangkalnya, Namun berdasarkan hasil pengamatan, semua daun kacang Amazon dari ujung hingga pangkal berwarna sama, yaitu hijau, dan Bentuk Daun Oval serta terlihat tebal, dengan tulang daun berbentuk menyirip, serta Sisi daun bergelombang.

Ciri-ciri daun seperti ini berbeda dengan melinjo yang berdaun tipis dan berbeda warna dari pangkal hingga ujung tangkai. Namun daun tidak terlihat lebat, Lanjut Kompol Ridwan JM.Hutagaol.

Apabila Nantinya bisa Tumbuh di Kabupaten  Tanjab Timur, dengan menghasilkan buah Sempurna, maka Pohon Kacang Amazon ini, akan kita kembang biakkan, dengan cara Membuat Kelompok Tani Untuk  mengembang biakan Kacang Amazon tersebut Tutup Wakapolres Tanjab Timur, Kompol Ridwan JM.Hutagaol, S.I.K.,S.H,(Man).

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved