Pada H 7 Tim Satgas Gabungan Polda Jambi, telah Tindak 1300 Sumur Minyak Ilegal Yang Dilakukan Penutupan - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Selasa, 10 Desember 2019

Pada H 7 Tim Satgas Gabungan Polda Jambi, telah Tindak 1300 Sumur Minyak Ilegal Yang Dilakukan Penutupan

Pada H 7 Tim Satgas Gabungan Polda Jambi, telah Tindak 1300 Sumur Minyak Ilegal Yang Dilakukan Penutupan

FOKUSJAMBI.COM,JAMBI - Tim Satgas Gabungan Ops Ilegal Driling, dari Kepolisian Daerah (Polda) Jambi, telah melaksanakan Kegiatan Pemberantasan pada Kegiatan aktivitas sumur minyak ilegal, dengan cara melaksanakan Penutupan terhadap  sumur-sumur minyak ilegal, yang ada di kawasan Kabupaten Batanghari, serta  Kabupaten Sarolangun.

Yang mana Hingga Hari Ke-7 penindakan yang dilaksanakan Oleh Tim Satgas Gabungan Ops Ilegal Driling tersebut, telah ada sebanyak  1.300 lubang sumur minyak ilegal ditutup, terdiri dari 150 lubang sumur minyak ilegal yang ada di kawasan Kabupaten Sarolangun dan 1.150 sumur minyak ilegal di Kabupaten Batanghari.

Sekarang anggota masih di lokasi. Itu kita tutup secara manual, karena kita tidak didukung biaya untuk penutupan, itu dari besinya kita masukkan ke dalam sumur minyak, dan kita masukin batu, kita masukin kayu untuk penutupan lobangnya. Ucap Direskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Thein Tabero saat ditemui di ruangannya pada Selasa siang (10/12/19)

Minimal kalau untuk membuka sumur minyak itu bakal membutuhkan biaya yang sangat besar. tegasnya.

Sementara, terkait pemodal aktivitas illegal drilling, tidak satupun yang datang ke Polda Jambi untuk menulis surat pernyataan. Pemodal sekarang tak satupun yang datang, tidak apa-apa, nanti tim Gakkum, Penegak Hukum nya ada, dan yang ganti saya akan melanjutkannya, Jelas Kombes Pol Thein Tabero.

Selanjutnya, Kegiatan Operasi pemberantasan aktivitas pengeboran sumur minyak ilegal ini akan berakhir pada 15 Desember mendatang. Setelah operasi Satgas bakal memulihkan kawasan sumur-sumur minyak ilegal yang telah ditertibkan petugas.

Dan Ini nanti Dinas ESDM Provinsi Jambi, yang akan mengumpulkan stakeholder yang terlibat ikut serta dalam Satgas Operasi pemberantasan Iegal Drilling ini.

Sementara itu, Kadis ESDM Provinsi Jambi Ir  Harry Andria, ketika dikonfirmasi  mengatakan untuk proses penindakan nya Nanti, Dinas ESDM Provinsi Jambi kembali akan membuat satu tim untuk merehab kawasan pengeboran pada Exs Sumur minyak ilegal yang sudah ditertibkan ini, Ucap Kadis ESDM Provinsi Jambi Ir Harry Andria.

Selanjutnya Kadis ESDM Provinsi Jambi Ir Harry Andria, menyebutkan Jadi berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Gubernur Jambi, ada Satu tim lagi yaitu tim Rehabilitasi atau pemulihan. Jadi setelah ini selesai nanti kita akan menginisiasi Tim Rehabilitasi rapat,

Nanti didalam Tim ini, bakal ada SKK Migas, Pertamina dan lain-lain, serta Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutan, Perkebunan nanti bakal turut kita undang.

Setelah itu, nantinya barulah kita membahas langkah-langkah apa saja yang perlu dibahas, bagaimana untuk merehabilitasi lahan, bagaimana menormalisasi lahan, bagiaman kehidupan masyarakat kita pulihkan kembali agar tidak kembali melakukan aktivitas ini lagi, Jelas Harry Andria.

Langkah bertahap telah kita laksanakan, mulai dari sosialisasi, penindakan dan Rehabilitasi ini diambil agar penanganan kasus ini lebih efektif. Jadi tim ini bekerja masing-masing sesuai kerjanya dan kewenanganya di dalam SK tersebut, Tutup Ir Harry Andria(Man)

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved