Penyelundupan 5 Box Sterofoam Yang Berisikan Benih Baby Lobster Berhasil Digagalkan Oleh Ditpolairud Polda Jambi - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Tuesday, 7 April 2020

Penyelundupan 5 Box Sterofoam Yang Berisikan Benih Baby Lobster Berhasil Digagalkan Oleh Ditpolairud Polda Jambi

Penyelundupan 5 Box Sterofoam Yang  Berisikan Benih Baby Lobster Berhasil Digagalkan Oleh Ditpolairud Polda Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Kepolisian Daerah Polda Jambi, melalui Direktorat Polisi Perairan dan Udara(Ditpolairud) Polda Jambi, telah berhasil menggagalkan Penyelundupan sebanyak 5 Box Sterofoam yang berisikan benih Baby Lobster, Pada hari kemarin Selasa 7 April 2020 sekira pukul 22:15 WIB. di Jalan Lingkar Selatan Kelurahan Kenali Asam Bawah Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Ketika Dikonfirmasi Rabu(08/04/2020) Direktur Polisi Perairan dan Udara(Dirpolairud) Polda Jambi Kombes Pol Arif Budi Winova.S.I.K.,M.Si, menjelaskan. Bahwa Kronologis Kejadian nya,setelah
Tim Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jambi mendapatkan sebuah  informasi akan adanya upaya penyelundupan daripada Benih Baby  Lobster(BL) melalui  perairan Jambi dengan tujuan Ke luar negeri.

Saat dilakukan penelusuran pada daerah daerah yang biasa dilakukan sebagai lokasi Transit dari Baby Lobster, di sekitaran Kawasan Jalan lingkar selatan, petugas dari Subdit Gakkum kami melihat ada beberapa orang yang tidak diketahui identitas nya sedang melakukan kegiatan bongkar muat box, saat Tim mendekati kegiatan bongkar muat tersebut, mereka langsung melarikan diri dan langsung dilakukan pengajaran, namun karena situasi malam para pelaku berhasil melarikan diri sehingga Tim hanya bisa mengamankan Barang bukti sebanyak 5 box yang merupakan benih Baby Lobster, Ucap Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Arif Budi Winova.

Tim mengamankan dan membawa 5 box Steorofoam yang berisikan benih Baby Lobster tersebut ke Mako Ditpolairud Polda Jambi dan setelah itu kami langsung berkoordinasi dengan Pihak BKIPM jambi untuk proses lebih lanjut,Jelasnya.

Dimana 5 box Steorofoam tersebut berisikan benih Baby  Lobster dengan total jumlah 30.431 ekor Benih Lobster, dengan rincian 30.200 ekor Baby Lobster  jenis Pasir dan 231 ekor Baby Lobster jenis Mutiara, yang didapati dalam keadaan hidup, yang dikemas kedalam 153 Kantong Plastik beroksigen dan dibagi Kedalam 5 Box Sterofoam.Dengan nilai lebih kurang Rp 4.576.200.000.Tegas Kombes Pol Arif.

Modus Operandinya sendiri, Pelaku ini hendak menyelundupkan benih  Baby Lobster dengan tujuan akan dibawah Keluar Negeri, melalui Perairan Polda Jambi, sebelum dibawah keperairan, terlebih dahulu Transit di Jalan Lingkar Selatan, dengan menurunkan 5 Box Sterofoam dan pada saat akan dilakukan Penangkapan Para Pelaku ini berhasil melarikan diri, dan Saat ini dalam Lidik.

Dugaan Pasal yang akan dikenakan adalah
Pasal 88, Jo Pasal 16 ayat 1, Jo Pasal 100, Jo Pasal 7 ayat 1 UU RI.No.45 Tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 2004 tentang perikanan.

Rencana Tindak Lanjut kami bersama
BKIPM jambi, akan  melakukan pelepasliaran ke habitat dengan lokasi yang sudah ditentukan oleh BKIPM jambi pada Hari ini, Tutup Dirpolairud Polda Jambi Kombes Pol Arif Budi Winova(Man)

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved