Kapolres Tanjab barat Laksanakan Kegiatan Pengecekan Dan Koordinasi Kesiapsiagaan Tim Satgas Aman Nusa II- Tanjab Barat - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Saturday, 21 March 2020

Kapolres Tanjab barat Laksanakan Kegiatan Pengecekan Dan Koordinasi Kesiapsiagaan Tim Satgas Aman Nusa II- Tanjab Barat

Kapolres Tanjab barat Laksanakan Kegiatan Pengecekan Dan Koordinasi Kesiapsiagaan Tim Satgas Aman Nusa II- Tanjab Barat

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH.Daud Arif Kuala Tungkal, yang berada di jalan Syarif Hidayatullah 14, Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjab barat, pada hari kemarin Jum'at Tanggal 20 Maret 2020, sekira pukul 15:00 WIB, Kepala Kepolisian  Resort Tanjab barat AKBP Guntur Saputro S.I.K,MH, beserta turut di dampingi oleh Kasat Intelkam Polres Tanjab barat, Kasi Pelayanan Medis RSUD KH.Daud Arif Kuala Tungkal, dan Biddokes Polres Tanjab barat, berikut Personil Sat Intelkam Polres Tanjab barat, melaksanakan Kegiatan Pengecekan serta Koordinasi terkait kesiapan ruang isolasi, dan Kesiap Siagaan Satgas Penanganan Covid-19 dalam menangani jika ditemukan Pasien yang terpapar  Covid-19, Corona.

Dimana berdasarkan SK Gubernur Jambi, Nomor 292/KEP.GUB/Diskes 4.2/2020. Yang bertuliskan Ada 5(Lima) Rumah Sakit rujukan di Provinsi Jambi, untuk penanganan Coronavirus Disease(Covid-19) Serta Kategori PDP(Pasien Dalam Pengawasan) Rumah Sakit itu, termasuk Rumah Sakit KH.Daud Arif Kuala Tungkal.

Ketika Dikonfirmasi Sabtu (21/03/2020) Kepala Kepolisian Resort Tanjab barat Polda Jambi AKBP Guntur Saputro S.I.K,MH, mengatakan bahwa Kegiatan yang dilaksanakan ini, adalah sebagai tindak lanjut Satgas Penanganan yang Bersandikan Aman Nusa II- Polres Tanjab barat, sekaligus melaksanakan Kegiatan Pengecekan dan Koordinasi terkait Kesiap Siagaan daripada Tim Satgas penanganan Covid-19, serta mengecek segala Kesiapan ruang isolasi dan prasarana pendukungnya, serta kelengkapan Alat Peindung Diri(APD) bagi Tim Penanganan, maupun pengunjung di RSUD KH.Daud Arif Kuala tungkal, dalam kesiapan antispasi penanganan ODP Maupun PDP Covid-19 Diwilayah Kabupaten Tanjab barat ini, Tuturnya.

Serta Kegiatan ini  dilaksanakan adalah bertujuan untuk mendukung kegiatan Pemerintah Pusat untuk mencegah dan memutus Mata rantai daripada penyebaran Virus Covid-19 di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari hasil pengecekan yang kami laksanakan adalah sebagai berikut:
(1) Kesiapan Petugas Medis, Peralatan dan Ruang Isolasi.
Kesiapan Petugas Medis, terdiri dari seluruh Dokter Umum RSUD Daud Arif, 3 Dokter Spesialis, yaitu Spesialis penyakit Paru-paru, Spesialis Anak, dan Spesialis Penyakit dalam, beserta para perawat, dimana untuk semua Dokter ini siap dan dapat menangani Pasien Covid-19.

Dan untuk Kesiapan dari Peralatan di RSUD Daud Arif, memiliki Pakaian Peindung diri untuk petugas Medis, sebanyak 4 Pakaian, dan 3 Pakaian pelindung diri yang berasal dari Jambi, yang hanya dapat digunakan 1 kali pakai.

Kesiapan Ruang Isolasi ada sebanyak 8 ruangan, dan 1 ruangan isolasi hanya dapat menampung 1 pasien, dan peralatan yang terdapat dimasing-masing ruangan adalah Ranjang, Kasur, Toilet, Telepon, Lemari, dan peralatan Medis berupa Alat cuci tangan/Hand Sanitizer, Tissu, Oksigen, peralatan infus, Jelas AKBP Guntur.

Rumah Sakit Umum Daerah KH.Daud Arif Kuala Tungkal, Sampai saat ini belum ada menyatakan Masyarakat Kabupaten Tanjab barat dan sekitarnya yang menjadi ODP(Orang Dalam Pengawasan) dan PDP(Pasien Dalam Pengawasan) Namun demikian Pihak Rumah Sakit Umum Daerah KH.Daud Arif, sudah siap menangani Apabila Ada pihak Masyarakat yang terpapar Virus Covid-19(Corona) Tegas Kapolres AKBP Guntur.

Dirumah Sakit ini masih terdapat peralatan Standard dalam penanganan Covid-19, karena masih ada peralatan yang tidak terdapat Diruang Isolasi, belum adanya Hevaviter(Alat Khusus Penyaring Udara Inveksi) dan belum memiliki Disinfektan Semprot yang digunakan untuk mensterilkan ruangan atau petugas medis, apabila telah melakukan kontak dengan para pasien Covid-19. Sambung AKBP Guntur Saputro.

Diharapkan dengan dilaksanakan nya kegiatan ini,diharapkan Kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Tanjab barat untuk tidak panik secara berlebihan, akan tetapi tetap selalu waspada serta menjaga pola hidup sehat dan kebersihan baik mulai dari lingkungan kita pribadi, dan lingkungan kerja, biasakan sering mencuci tangan pakai sabun maupun Hand Sanitizer, berikut olahraga, istirahat yang cukup, tidak stress dan yang lebih penting lagi, untuk selalu berdoa dan Mendekatkan diri kepada Allah SWT, tuhan yang maha esa, agar Virus Corona ini cepat berlalu dari Dunia ini, Serta untuk selalu mematuhi aturan yang telah dibuat dan diberlakukan oleh pihak pemerintah, Tutup AKBP Guntur Saputro(Man)

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved