Miliki Kapal Polisi Baru, Ditpolair Polda Jambi Siap Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Rabu, 20 November 2019

Miliki Kapal Polisi Baru, Ditpolair Polda Jambi Siap Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Miliki Kapal Polisi Baru, Ditpolair Polda Jambi Siap Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Direktorat Kepolisian Perairan Polda Jambi baru saja meresmikan 3 kapal baru pada Selasa (19/11/19) di dermaga Mako Polairud Polda Jambi di Belakang Pasar Angso Duo Jambi.

Peresmian tersebut dilakukan oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS dengan memotong pita dan kendi di kapal baru tersebut.

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jambi, Kombes Pol Arif Budi Winova Selasa (19/11/19) di ruangannya menjelaskan ketiga kapal itu yakni Kapal Patroli Cepat dengan panjang 15 meter dan lebar 4,75 meter. Kapal tersebut berkapasitas penumpang 6 orang dan mampu menembus kecepatan 42 Knot. Di depan kapal ini disediakan tempat khusus bagi personil bersenjata bila terjadi kontak senjata dengan para pelaku kejahatan di perairan.

"Kapal Patroli Cepat ini berfungsi mencegah dan memburu para pelaku kejahatan. Untuk kapal KPC itu dilengkapi dengan kedudukan senjata, jadi kalau mau di pasang senjata bisa" Kata Kombes Pol Arif Budi Winova.

Kapal Patrolis Cepat: Berfungsi mencegah dan memburu para pelaku kejahatan di perairan Provinsi Jambi. Kapal ini mampu menembus kecepatan 42 Knot yang mampu memburu kapal cepat para penyelundup barang ilegal atau penyelundup benih Lobster.

Kemudian, kapal jenis R.I.B Intercept dengan panjang 8,5 meter dan lebar 4.5 meter berkapasitas 8 orang penumpang. Kapal RIB ini dilengkapi dengan mesin 2x250 HP merk Yamaha dan mampu menembus kecepatan 40 Knot.

"Untuk RIB Intercept juga dilengkapi Radar Garmin yakni Radar, GPS MAP dan Echo Sounder," ujarnya.

Kapal R.I.B Intercept ini mampu menembus kecepatan 40 Knot yang berfungsi untuk menghadang kapal pelaku kejahatan di perairan.

Kemudian Ship Tender yang dilengkapi dengan satu mesin Yamaha 85 PK. Sesuai dengan namanya kapal ini sebenarnya diperuntukkan membantu aktivitas kapal besar yang sulit bersandar ke dermaga akibat pendangkalan.

Namun oleh Ditpolair, Kapal ini nantinya digunakan untuk patroli di Sungai Batanghari dan melayani masyarakat saat adanya musibah banjir.

Ship Tender, Kapal ini nantinya digunakan untuk patroli di Sungai Batanghari dan membantu proses evakuasi jika terjadi musibah banjir di Daerah Aliran Sungai Batanghari.

"Ketiga kapal itu, akan digunakan untuk memperkuat armada di Daerah Aliran Sungai (DAS), seperti di wilayah Tungkal dan Muara sabak.

Diharapkan penguatan armada dengan kapal baru mampu mencegah penyelundupan benih lobster, barang illegal serta tindak kejahatan yang terjadi di perairan Provinsi Jambi serta meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat" katanya.(RED)

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved