KPU Tomohon Ingatkan Batas Pendaftaran Pemilih Khusus

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, TOMOHON - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Tomohon, Sulawesi Utara, mengingatkan batas akhir pendaftaran pemilih khusus, yakni bagi mereka yang belum terdaftar sebagai pemilih tetap pada Pemilu Legislatif 9 April 2014 adalah tanggal 26 Maret mendatang.

"Jadi dua pekan sebelum pelaksanaan pemilu, daftar pemilih khusus sudah harus tuntas. Mereka tidak akan digabungkan dalam daftar pemilih tetap," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Beldie Tombeg di Tomohon, Jumat.

Dia memperkirakan, jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih khusus tidak bertambah signifikan bila dibandingkan dengan daftar pemilih tetap (DPT) yang berjumlah 70.320 orang. Namun hal itu akan tetap diakomodasi sebagai pemenuhan hak konstitusi.

"Mungkin berkisar seratus - dua ratus orang tambahan dalam daftar pemilih khusus. Kita tunggu saja sampai pada batas waktu akhir pendaftaran. Setelah itu akan direkapitulasi berapa banyak tambahannya," katanya.

Beldie Tombeg mengatakan, yang harus diwaspadai dari pemilih khusus ini adalah terdaftar ganda.

"Memang yang sering kami temukan adalah pemilih ganda. Ini akibat kelalaian pemilih sendiri yang tidak melaporkan kepada petugas pemilih ketika berpindah tempat atau alamat. Akibatnya kembali terdaftar di alamat baru," katanya.

Namun, menurut dia, dengan fasilitas sistem online data pemilih saat ini yang bisa diakses kapan saja, peluang pemilih terdaftar ganda semakin kecil karena langsung dicek ulang ke tempat pendaftaran asal.

"Jadi seseorang yang akan masuk daftar pemilih khusus, tidak serta merta datang, tulis nama, serahkan KTP, didaftar tanpa melakukan cek ulang ke daerah asal. Petugas akan melakukan konfirmasi ulang dengan data pemilih di tempat asal. Kondisi-kondisi seperti pemilih ganda dan penanganannya telah dibahas pada bimbingan teknis panitia pemungutan suara beberapa waktu lalu," katanya.(ant)

Share

Add comment


Security code
Refresh