Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke-75, Kapolda Jambi : Polri harus bekerja bersinergi dengan berbagai elemen - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Thursday, 1 July 2021

Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke-75, Kapolda Jambi : Polri harus bekerja bersinergi dengan berbagai elemen

Gelar Upacara Hari Bhayangkara ke-75, Kapolda Jambi : Polri harus bekerja bersinergi dengan berbagai elemen


FOKUSJAMBI.COM, JAMBI – Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar Upacara Pembinaan Tradisi dalam rangka Hari Bhayangkara ke-75 secara virtual dengan Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, dengan tema Transformasi Polri Yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat Dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.

 

Kegiatan berlangsung di Lapangan Mapolda Jambi yang dihadiri oleh Pj Gubernur Jambi Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK selaku Penasihat Hari Bhayangkara Ke-75 Polda Jambi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli, SIP, MM, Ketua DPRD Prov Jambi Edi Purwanto SHI, MSi, Kepala BIN Daerah Jambi Brigjen Pol Drs Irawan David Syah, SH, MH, dan Kepala BNN Prov Jambi Brigjen Pol Drs Sugeng Suprijanto SH.


Saat memberikan amanat dalam Peringatan ke-75 Hari Bhayangkara pada Kamis, 1 Juli 2021, di Istana Negara, Jakarta, secara virtual, Presiden Joko Widodo, mengingatkan bahwa Polri harus menggunakan kewenangannya secara bijak dan bertanggung jawab.


“Polri juga harus berpacu menguasai Iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir,” tuturnya.


Selain itu, Indonesia merupakan negara Pancasila, negara demokrasi, dan negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia sehingga Polri dituntut tidak hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu, tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. 


“Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas. Polri harus presisi dalam menjalankan wewenangnya, harus akurat dalam membuat keputusan, harus merujuk pada peraturan perundang-undangan, dan harus menjunjung tinggi norma-norma martabat masyarakat,” lanjut Presiden.


Kepala Negara juga mengingatkan agar pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius dan transparan, sehingga karakternya dapat menyesuaikan tugas-tugas Polri dan menguasai perkembangan Iptek terbaru.


“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pengembangan SDM Polri harus diperhatikan secara serius, rekrutmen, pendidikan, dan promosi harus dilakukan secara transparan, dan akuntabel,” jelas Presiden. 


Selain itu, dalam rangka menghadapi tantangan zaman dan tuntutan masyarakat yang semakin kompleks, Presiden turut meminta Polri untuk membenahi dan memperkuat manajemen serta kelembagaannya dengan memanfaatkan iptek untuk mendukung Polri yang modern. 


“Polri harus membenahi secara komprehensif kebijakan perencanaan, kebijakan pengorganisasian, kebijakan penganggaran, serta monitoring dan evaluasi. Dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk mendukung Polri yang modern,” tandasnya.


Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo menyampaikan apresiasi dan terimakasih  kepada para undangan yang hadir serta menyatakan salut serta mendoakan kepada para tenaga kesehatan, para dokter yang berada pada gugus terdepan penanganan covid 19 di Provinsi Jambi semoga Allah SWT senantiasa melindungi mereka. Saat menyebutkan ibu Bhayangkari, beliau juga menyatakan kebanggaannya.


“Yang saya hormati  Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jambi beserta seluruh staf, Cuma di undang  4 tapi yang hadir 16, mohon tepuk tangan dulu, ini menunjukkan ibu-ibu Bhayangkari sangat andalan dan tangguh mendukung suami-suaminya,” ujarnya.


“Hari Bhayangkara ini merupakan tradisi Polri  yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli 1946, fungsi dan organ kepolisian sendiri telah ada sejak jaman dahulu kala, setiap komunitas masyarakat pasti ada fungsi-fungsi pengamanan dilingkungannya masing-masing,” ungkap mantan Dir Tipid Cyber Bareskrim Polri.


Jenderal Bintang Dua itu bercerita, dari jaman majapahit dibawah kepemimpinan mahapatih Gajah Mada beliau memimpin sebuah pasukan Bhayangkara, yang namanya hingga saat ini dipakai sebagai Korps kebanggaan Kami.Dengan petunjuk dan pedoman kerja, yakni catur prasetya untuk selalu patuh dan taat pada negara dan pimpinannya, Polri tidak pernah berkhianat kepada negara dan pimpinannya, Polri selalu berjuang untuk mengeyahkan musuh-musuh masyarakat. termasuk pandemi saat ini yang harus kita hadapi bersama-sama.


“Inti dari acara Adalah Hari Bhayangkara yang dilaksanakan Polda Jambi ini adalah ucapan terimakasih Kami kepada Ibu Gubernur, Forkompimda, Tokoh masyarakat, Alim Ulama, tokoh mahasiswa, tenaga kesehatan, cerdik pandai yang kami sadari Polri tidak bisa melaksanakan tugasnya seorang diri, Polri harus bekerja bersinergi dengan berbagai elemen termasuk awak media,” ujar Irjen Rachmad. 


Hadir mendampingi Presiden dalam acara tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sedangkan para undangan dan peserta lainnya turut mengikuti jalannya acara melalui konferensi video dari sejumlah lokasi di seluruh Indonesia.


Sementara di Jambi, hadir Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan Roswinarso, SH,MH selaku Ketua Umum Hari Bhayangkara Ke-75 Polda Jambi, Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Jambi Ny. Evi Rachmad Wibowo, Irwasda Polda Jambi Kombespol Drs Dwi Gunawan MM, Dirintelkam Polda Jambi Kombes Pol Bondan Witjaksono, SH, SIK, MM selaku Ketua Pelaksana Hari  Bhayangkara ke-75 Polda Jambi, Dirresnarkoba Polda Jambi Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha, SH, MH selaku Ketua seksi Acara Syukuran Hari Bhayangkara ke-75, Para Pejabat Utama Polda Jambi, Dandenpom II/2 Sriwijaya, Ketua-ketua Seksi Panitia Hari Bhayangkara Ke-75 Polda Jambi, Sesepuh dan Purnawirawan Polri, serta Para Tamu Undangan.

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved