Polda Jambi Grebek Rumah Singgah Benih Lopster, 129 Ribu dan Enam Tersangka Diamankan - Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi

Wednesday, 23 December 2020

Polda Jambi Grebek Rumah Singgah Benih Lopster, 129 Ribu dan Enam Tersangka Diamankan

Polda Jambi Grebek Rumah Singgah Benih Lopster, 129 Ribu dan Enam Tersangka Diamankan


FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jambi berhasil gerebek rumah persinggahan sementara benih lobster atau benur, di kawasan Jalan Teuku Cik, Ditiro, Telanaipura, Kota Jambi, Selasa (22/12/2020) siang.


Sebanyak 129 ribu ekor benih lobster senilai Rp 13,1 miliar lebih, berhasil ditemukan di dalam rumah bedeng, yang telah direnovasi sedemikian rupa, lengkap dengan kolam penampungan benih lobster, serta alat pendingin suhu udara.


Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, ribuan benih lobster tersebut berasal dari para nelayan di wilayah Jawa Barat, yang kemudian masuk ke wilayah Jambi dan akan dikirim ke wilayah.


"Ini modus operandinya, membeli dari nelayan, setelah masuk ke Jambi untuk ditampung sementara di kolam yang sudah disediakan," kata Rachmad.


Kata Rachmad, untuk menjaga benih lobster tersebut dalam keadaan hidup, ruangan tempat kolam benur tersebut harus berada di kedinginan dibawa 20 drajat celcius.


"Setelah itu, baru mereka kirim luar negeri melalui pelabuhan kita yang ada di Tanjung Jabung Timur, maupun Tanjung Jabung Barat," tambahnya.


Selain itu, petugas juga turut mengamankan 6 orang yang diduga sebagai pekerja.


"Ini tangkapan ketiga kita, setelah sebelumnya di Tanjabtim dan Tanjabbar dan kali ini Polairud, jadi saya sangat apresiasi, karena ini untuk menjaga kelestarian benih lobster di Indonesia," tambahnya.


Sementara itu, Dirpolairud Polda Jambi, Kombes Pol Parhorion Lumban Gaol mengatakan, pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap 6 orang yang diamankan.


Pihaknya akan menetapkan status 6 orang pelaku tersebut, setelah melakukan gelar perkara.


"Kita masih periksa dan lakukan gelar perkara dahulu baru tetapkan tersangka, karena ini baru saja kita amankan," katanya.

Dugaan sementara, benih lobster tersebut akan dikirim ke luar negeri, yakni Malaysia, Vietnam dan Singapura.


"Tapi masih kita dalami," jelas Parhorion.

Pengungkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat, bahwa lokasi tersebut diduga menjadi persinggahan benih lobster.


Mendapat informasi, Tim Gakkum Polairud Polda Jambi, yang dipimpin langsung oleh Kasubdit IV Gakkum Polairud, Kompol Suhardi Hery Haryanto langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan bedeng, tempat persinggahan benih lobster tersebut.(*)

Berita Terkait

Semua Berita

© Copyright 2019 Fokus Jambi | Media Online Masyarakat Jambi | All Right Reserved